Teras Rumah Minimalis Batu Alam

Selasa, Mei 23rd 2017. | Rumah Minimalis

Tampilan teras rumah minimalis batu alam, tentu saja akan sangat menarik dan memberikan kesan eksotis pada sebuah hunian. Tentu saja bukan merupakan suatu hal yang murah dan mudah untuk meng-aplikasikan potongan-potongan batu alam sebagai penghias dinding teras rumah. Namun mengingat kesan mewah, artistik, eksotis dan sekaligus natural dari keberadaan teras rumah minimalis batu alam, membuat tak sedikit orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mewujudkannya.

Dengan semakin majunya teknologi peradaban manusia, dan keberadaan disiplin ilmu yang khusus mempelajari mengenai batuan, mendorong semakin beragamnya jenis batu alam yang dapat di-eksplorasi untuk berbagai kepentingan. Salah satunya adalah aplikasi dalam desain eksterior rumah. Kesan natural dari sebuah bangunan, saat ini banyak digemari karena menimbulkan nuansa artistik dan sekaligus melegakan. Untuk hal tersebut, keberadaan dinding batu alam, yang ditingkahi dengan keberadaan vegetasi sebagai pelengkap suasana natural, seakan sudah menjadi kewajiban. Keberadaan teras, terutama teras depan, yang dihias sebagiannya atau keseluruhannya dengan batu alam, tentu saja akan mempertegas kesan natural tersebut.

Aplikasi batu alam dalam teras rumah minimalis batu alam, lebih banyak digunakan pada bagian dinding, walaupun tidak salah juga bila akan diterapkan pada area lantai, atau sebagai pagar rendah pembatas dengan area taman. Apakah semua dinding akan di-aplikasi dengan batu alam, atau sebagian saja, atau bahkan cuma bagian pilar teras saja, semuanya dikembalikan pada tema bangunan.

Selain itu, teras rumah minimalis batu alam tidak bisa berdiri sendiri. Unsur batu, jika tanpa ada unsur pendamping lain, akan terkesan kaku dan dingin. Keberadaan vegetasi akan mampu mengimbangi kondisi tersebut dan membantu melengkapi dengan kesan yang lebih hidup. Secara umum, jenis vegetasi yang dibutuhkan adalah jenis yang ringan sampai sedang. Keberadaan vegetasi berat seperti pohon yang rindang, cenderung akan memberikan kesan gelap dan sedikit angker. Kecuali jika memang kesan tersebut yang ingin ditampilkan, mirip dengan kondisi pada candi-candi, atau bangunan batu kuno lainnya.

Kami sertakan beberapa gambar teras rumah minimalis batu alam, sebagai ilustrasi bila pembaca tertarik dengan aplikasinya.

tags: , ,