Taman Minimalis Depan Rumah

Sabtu, Mei 27th 2017. | Taman Rumah

Keberadaan taman minimalis depan rumah, tentunya tidak hanya akan mempercantik tampilan fasad depan rumah, namun juga akan memberikan kontribusi tersendiri bagi asupan udara segar pada siang hari.

Keberadaan tanaman dalam taman minimalis depan rumah, yang melakukan proses asimilase pada siang hari, akan menyerap unsur karbon dioksida dan menghasilkan oksigen dari proses tersebut. Hal tersebut jelas merupakan kegiatan yang sangat penting, di tengah isu pemanasan global. Selain itu, dedaunan yang ada pada vegetasi tanaman di taman minimalis depan rumah juga efektif sebagai filter untuk mengurangi masuknya debu dari jalanan ke dalam bangunan rumah kita.

Taman Minimalis Depan Rumah

Namun biasanya bukan itu yang menjadi tujuan utama pemilik rumah menghadirkan sebuah taman minimalis depan rumah. Keberadaan sebuah taman lebih dikarenakan alasan untuk mempercantik tampilan rumah, memberikan kesan asri, adem dan teduh. Jika kebetulan fasad depan rumah menghadap ke arah barat, fungsi tanaman vegetasi dalam taman bertambah sebagai naungan untuk menghindari panas terik matahari yang konon paling intens saat matahari sudah berada di sebelah barat.

Apapun alasannya, saat ini keberadaan sebuah taman minimalis depan rumah sudah dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah hunian. Bahkan pada hunian berupa apartemen maupun rumah susun, keberadaan sebuah taman, walaupun kecil dan sederhana, selalu diupayakan hadir.

Sebagaimana mahluk hidup lain, tanaman sebagai unsur utama dalam sebuah taman, memerlukan perawatan agar tetap dapat hidup dan tampil menawan. Jika ada penghuni yang mempunyai waktu longgar, tentu tidak terlalu masalah dalam melakukan perawatan ini. Demikian juga jika ada penghuni yang memang mempunyai hobi di bidang tanaman, tentu akan senang hati melakukan perawatan, dan mungkin bahkan sengaja menyediakan sebagian waktu untuk hal tersebut. Namun jika kedua tipikal penghuni tersebut tidak ada, maka ada dua cara untuk menyiasati hal ini. Pertama, secara berkala menyewa jasa perawatan tanaman, yang tentu saja akan membutuhkan dana. Kedua, meng-aplikasikan jenis taman minimalis depan rumah, dengan tanaman yang tidak begitu membutuhkan perawatan, dan memperbanyak unsur ornamen dari benda mati.

tags: , ,